Terima Kasih Atas Kunjungannya Mohon
Mohon Tinggalkan komentar dan Saran Anda sebagai bentuk semangat buat terus berbagi tentang akuntansi

Kamis, 29 Oktober 2009

Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

  • Menurut James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19) terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
  1. Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
  2. Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
  3. Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.
  • Menurut Essael (1987: 11) ada tiga faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen (perilaku konsumen) yaitu:
(1) Faktor Individual Konsumen Yang Meliputi Pendidikan Dan Penghasilan Konsumen

(2) Pengaruh Lingkungan

(3) Strategi Pemasaran. Strategi Pemasaran Merupakan Variabel Yang Dapat dikontrol Oleh Pemasar Dalam Usaha Memberi Informasi Dan Mempengaruhi Konsumen. Variabel Ini Adalah Produk, Harga, Distribusi Dan Promosi.





0 komentar:

Poskan Komentar