Terima Kasih Atas Kunjungannya Mohon
Mohon Tinggalkan komentar dan Saran Anda sebagai bentuk semangat buat terus berbagi tentang akuntansi

Rabu, 02 September 2009

Rangkuman Manajemen

  • batasan manajemen menurut pendapat para ahli?
    • John d millet,membatasi manajemen is the process of directing and faciliating the work of people organized in formal groups to archive a desired goal (adalah suatu proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompokformal untuk mencapai tujuan).
    • James A.F Stoner dan charles wankel memberikan batasan manajemen yaitu. Management is the process of planning, organizing, leading, and controling the efforts of organizatiom members and of using all other organization resources to archive stated organizational goals (manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian,kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi).
    • Paul hersey dan kenneth H. Blancard, memberikan batasan manajemen as working with and through individuals and groups to accomplish organizational goals (sebagai suatu usaha yang bersama dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi)
  • pengorganisasian yang baik harus dibentuk manajemen?
    • Dalam membangun pengorganisasian yang baik merupakan pengorganisasian, dimana dalam organisasi tersebut dapat membangun suatu sistem kerja sama yang baik antara sub-sub bagian yang ada, dan kegiatan yang di rencanakan oleh para sub-sub bagian adalah, kegiatan yang dapat membangun sesuatu yang sangat serta baik untuk mewujudkan rencana, yang sebelumnya telah direncankan atas apa yang harus kita capai, dan dapat saling menutupi kekurangan yang ada dalam suatu manajemen, dimana hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan bersama. serta dapat mengembangkan kwlitas yang ada dalam dalam tiap individu maupun dalam organisasi yang ada. Serta didalam organisasi tersebut dapat menjadi sarana untuk pemberian fasilitas pekerjaan yang sangat kondusif.
  • hubungan antara manajemen,manajer, dan kepemimpinan?
    • Manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan. Sedangkan,
    • Manajer adalah seorang yang bertindak sebagai perencana, pengorganisasi, pengarahan, pemotivasi, serta pengendali orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan. Sedangkan,
    • Kepemimpinan adalah sikap dan perilaku untuk memengaruhi para bawahan agar mereka mampu bekerja sama sehingga dapat bekerja harus secara lebih efisien dan efektif. Secara singkat, kepemimpinan adalah sifat yang harus dimiliki oleh perencana, pengorganisasi,pengarah, pemotivasi, dan pengendali untuk memengaruhi orang dan mekanisme kerja guna mencapai tujuan.
  • pengertian dari manajemen sebagai suatu ilmu dan manajemen sebagai suatu seni?
    • Manajemen sebagai suatu ilmu merupakan akumulasi pengetahuan yang telah di sistemasikan menjadi suatu kesatuan yang terpadu dan dapat dijadikan pegangan dasar dalam bertindak. Manajemen sebagai suatu ilmu, titik beratnya terletak pada metode keilmuan. Memang yang mengikat semua ilmu adalah metode ilmu yang digunakan untuk mensistemasikan seluruh pengetahuan yang sifarnyan masih pragmatis.
    • Manajemen sebagai suatu seni adalah keahlian, kemampuan , kemahiran,serta keterampilan dalam aplikasi prinsip, metode, dan teknik dalam menggunakan sumber daya manusia secara efisien dan efektif. Manajemen sebagai suatu seni bukan di artikan seni dalam arti formal yang biasa di hubungkan dengan seni musik,tari,patung,lukis dan sebagainya.
    • Mengapa G.R Terry mengatakan, secara esensial seorang manager adalah seorang ilmuwan dan seorang seniman?
      • Karena menurut G.R Terry berpendapat bahwa untuk menjadi seorang manager harus mempunyai pengetahuan yang disusun menurut sistem yang memberikan kebenaran-kebenaran pokok yang digunakan dalam mengoperasikan pekerjaannya. Dan seorang manajer harus harus membei ilham, membujuk, bermulut manis, mengajar, dan memikat orang lain berbobot maupun tidak berbobot untuk memberi pelayanan yang selaras dan menyumbangkan aktifitas individu dan aktifitas spesifik ke arah tujuan tertentu. Jenis aktifitas tidak dapat dibuat formulirnya atau dinyatakan sebagai suatu statistik dalam suatu daftar realisasi. Hal ini didasarkan atas perasaan, naluri, dan dugaan mengenai aktifitas yang hendak dilakukan.
    • Menurut Paul Hersey Hersey dan Kenneth H Blanchad ada 3 keterampilan penting yang untuk melaksanakan manajemen bagi seorang manajer yaitu keterampilan teknis,keterampilan manusiawi, keterampilan konseptual. Coba anda jelaskan hubungan dari ketiga keterampilan tersebut? dan simpulkan tentang ketiga keterampilan itu akan saling berhubungan atau tidak?
      • Karena keterampilan yang terpenting, dan cenderung berkurang pentingnya manakala maka ke atas rantai perintah. Misalkan seorang akuntan publik dalam suatu perusahaan akan lebih membutuhkan keterampilan teknis dari pada manajernya. Hal itu disebabkan ia berhubungan dengan masalah-masalah pencatatan dan interprestasi keluar masuknya keuangan perusahaan. Kemudian keterampilan konseptual akan meningkat manakala menanjak ke atas manajemen. Semakin tinggi kecenderungan seorang manajer dalam hierarki organisasi, semakin besar ia terlibat dalam keputusan yang lebih luas dan kompleks, keputusan jangka panjang yang memengaruhi bagian yang besar dari organisasinya. Bagi manajer puncak, yang memiliki tanggung jawab terhadap organisasi secara keseluruhan, yang paling penting di antara ketiga bidang keterampilan tersebut adalah keterampilan konseptual.
        Sedangkan keterampilan manusia/sosial amat penting bagi setiap hierarki manajer. Hal ini disebabkan dalam melaksanakan pekerjaannya melalui orang lain, keterampilan teknis atau keterampilan konseptual yang tinggi yang dimiliki manajer tidak akan tinggi nilainya apabila tidak dapat digunakan untuk memberi stimulus dan memengaruhi para bawahan yang terikat dalam suatu organisasi.
        Secara singkat dapat disimpulkan bahwa di antara ketiga keterampilan saling sangat berhubungan erat, dimana dapat dilihat bahwa semakin tinggi kedudukan seorang manajer dalam suatu hierarki organisasi, semakin sedikit keterampilan teknis yang diperlukan. Sebaliknya, semakin rendah kedudukan seorang manajer dalam suatu hierarki organisasi, semakin penting keterampilan teknis yang diperlukan.
  1. elemen fungsi manajemen?
  • Perencanaan
Yaitu suatu proses dan rangkaian kegiatan untuk menetapkan tujuan terlebih dahulu pada jangka waktu/periode tertentu serta tahapan/ langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Pengorganisasian
Yaitu proses dan rangkaian kegiatan dalam pembagian kerja yang direncanakan untuk diselesaikan oleh anggota kelompok pekerjaam, penentuan hubungan pekerjaan yang baik di antara mereka, serta pemberian fasilitas pekerjaan yang kondusif
  • Pengarahan
Yaitu suatu rangkaian kegiatan untuk memberikan petunjuk atau instruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan untuk pencapaian tujuan bersama.
  • Pemotivasian
Yaitu suatu proses dan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh seorang atasan dalam memberikan inspirasi, semangat, dan kegairahan kerja serta dorongan kepada bawahan untuk dapat melakukan suatu kegiatan yang semestinya.
  • Pengendalian/pengawasan
Yaitu proses dan rangkaian kegiatan untuk mengusahakan agar suatu pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan tahapan yang harus dilalui. Dengan demikian apabila ada kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana dan tahapan tersebut, diadakan suat tindakan perbaikan (corrective actions).
  • Pendapat Peter F Drucker Tentang Keterampilan Dan Peran Manajer?
    • Menurut Peter F Drucker (1976) berpendapat bahwa prestasi seorang manajer dapat di ukur berdasarkan dua konsep, yaitu efisiensi (efficiency) dan efektivitas (effectivity). Efisiensi berarti menjalankan pekerjaan yang benar, sedangkan efektifitas berarti merupakan kemampuan untuk melakukan pekerjaan dengan benar adalah suatu konsep masukan keluaran(input output). Seorang manajer efisien adalah manajer yang memiliki kemampuan untuk memnimumkan biaya sumber daya yang digunakannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah manajer yang bertindak secara efisien.
  • Secara Ringkas Sikap Ilmiah Yang Harus Dimilikki Seorang Manajer?
  • Objektivitas
Bahwa dalam suatu peninjauan yang dipentingkan adalah objeknya. Faktor subjek dalam membuat deskripsi dan analisis seharusnya dilepaskan jauh-jauh meskipun tidak mungking untuk mendapatkan objektivitas yang absolut.
  • Serba relatif
Seorang manajer sebagai ilmuwan harus menerima realitas perubahan yang terjadi dan memberikan dampak terhadap masa berlakunya teori-teori yang telah mereka miliki. Berlakunya teori mereka tidaklah mutlak kebenarannya.
  • Skeptif
Skeptif adalah sikap untuk selalu ragu terhadap pertanyaan yang belum cukup kuat dasar pembuktiannya. Bahwa manajer sebagai ilmuwan yang selalu hati-hati, harus teliti dalam memberikan penilaian dan pernyataan ilmiah
  • Kesabaran intelektual
Mampu menahan diri dan kuat untuk tidak menyerah kepada tekanan dalam menyatakan suatu pendirian ilmiah karena memang belum selesai dan belum lengkap hasil yang dicapai.
  • Kesederhanaan
Kesederhanaan dalam sikap ilmiah adalah kesederhanaan dalam cara berpikir, cara menyatakan, dan cara pembuktian.
  • Tidak memihak kepada etik
Sikap tidak memihak pada etik adalah bahwa ilmu tidak memiliki tujuan dan tugas untuk membuat penilaian tentang hal yang buruk, melainkan ilmu memiliki tugas untuk mengemukakan hal-hal yang salah dan hal-hal yang benar secara nisbi.
  • keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer untuk melaksanakan proses manajemen?
    • Keterampilan teknis (tehnical skill)
Yaitu kemampuan untuk menggunakan pengetahuan, metode,prosedur,teknik,dan akal yang diperlukan untuk melaksanakan tugas spesifik yang diperoleh lewat pengalaman pendidikan, dan pelatihan. Manajer membutuhkan keterampilan teknis yang cukup untuk menjalankan alat (mekanik) dari suatu pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Keterampilan manusiawi (human skill)
Yaitu kemampuan dan pertimbangan yang diusahakan bersama orang lain termasuk pemahaman mengenai motivasi dan aplikasi tentang kepemimpinan yang efektif. Manajer cukup memiliki keterampilan hubungan manusiawi agar dapat bekerja dengan para bawahan dalam organisasi dan mengelola kelompoknya sendiri
  • Keterampilan konseptual (conceptual skill)
Yaitu kemampuan memahami kompleksitas keseluruhan organisasi tempar seseorang beradaptasi dalam operasi. Pengetahuan tersebut membenarkan seseorang untuk bertindak sesuai dengan tujuan keseluruhan organisasi, dari pada hanya dijadikan dasar tujuan umum dan kebutuhan kelompok yang mendesak. Manajer memerlukan keterampilan konseptual yang cukup untuk mengenali bagaimana berbagai macam faktor pada suatu kondisi tertentu berkaitan satu sama lain

 

 

0 komentar:

Poskan Komentar